Bagaimana Cara Mematikan Windows Defender?

Pernahkah Anda mendengar istilah Windows Defender? software tersebut dikenal sebagai perangkat antivirus bawaan Windows yang sudah dirancang untuk membuat laptop atau komputer Anda menjadi lebih aman dari ancaman virus. Tetapi, terkadang munculnya antivirus tersebut justru dianggap mengganggu. Oleh karena itu, ketahui cara mematikan Windows Defender yang mudah dan tepat.

Secara default, Anda akan menjumpai adanya Windows Defender pada Windows 8 sampai 10. Biasanya, saat kita akan menginstall aplikasi akan muncul file yang terhapus karena dianggap virus olehnya. Hal tersebut membuat para pengguna ingin menggunakan antivirus lain.

Tetapi, aplikasi Windows Defender tidak dapat dihapus sehingga mengharuskan kita untuk menonaktifkannya secara sementara maupun permanen.

Cara Mematikan Windows Defender Sementara

Sebagian besar orang mematikan Windows Defender saat akan menginstall aplikasi, hal tersebut terkadang memang dianggap cukup merepotkan. Oleh karena itu, Anda disarankan mengetahui cara mematikan Windows Defender sementara dengan mudah, berikut penjelasannya.

  1. Membuka Aplikasi Windows Defender

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka aplikasi Windows Defender. Untuk langkah lebih cepatnya, Anda dapat klik Start lalu ketikkan Windows Defender atau Windows Security.

  1. Klik Virus dan Threat Protection

Berikutnya, klik virus dan threat protection cari menu settings kemudian Anda bisa memilih manage settings.cara menonaktifkan Windows Defender. Nah, untuk melanjutkan non-aktif maka klik toggle Real-time protection sampai berubah menjadi Off.

  1. Klik Selesai

Jika sudah melakukan dua cara di atas maka Anda bisa klik selesai, dua cara tersebut dapat menonaktifkan Windows Defender secara sementara. Apabila Anda ingin menghidupkannya maka tinggal klik toggle Real-time protection agar menjadi on.

Cara Mematikan Windows Defender Permanen

Bagi Anda yang ingin menonaktifkan Windows Defender secara permanen dalam jangka waktu yang lebih lama maka bisa menggunakan cara di bawah ini:

  • Local Group Policy

Cara pertama untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen yaitu melalui local group policy. Fitur menu ini merupakan fitur bawaan dari Windows yang sering digunakan oleh para penggunanya untuk melihat, memodifikasi, dan membuat group policy.

Tentunya, cara yang satu ini aman dilakukan karena tidak merusak sistem. Begini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Mulai dengan tekan Windows +R untuk membuka RUN, lalu ketikkan gpedit.msc mematikan Windows Defender
  • Lalu buka menu Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Defender Antivirus dan cari Turn off Windows Defender Antivirus
  • Kemudian, double klik pada Turn off Windows Defender Antivirus lalu pilih bagian Enable. Lanjutkan dengan klik Apply lalu klik Ok pada bagian bawah.cara mematikan antivirus di Windows 10
  • Restart Windows Anda.

Jika sudah restart laptop maka cara mematikan Windows Defender dapat dikatakan selesai, apabila Anda ingin mengaktifkannya kembali maka pilih menu Not Configured pada bagian Turn of Windows Defender Antivirus.

  1. Registry Editor

Ketahuilah Registry adalah pusat database dari Windows yang semua fitur OS tersedia di menu ini, salah satunya terdapat menu defender. Nah, Anda dapat mematikan Windows Defender dengan fitur registry melalui langkah-langkah mudah di bawah ini.

  • Tekan tombol Windows +R untuk membuka RUN, lalu ketikkan regedit cara menonaktifkan Windows Defender. Silahkan ketikan HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows Defender lalu enter
  • Lanjutkan dengan klik kanan pada folder Windows Defender > New > DWORD (32-bit) value
  • Setelah itu, beri nama DisableAntiSpyware lalu tekan Enter. Pada DWORD (DisableAntiSpyware) yang baru dibuat kemudian ubah value data dari 0 menjadi 1 lalu klik Ok
  • Selesai

Untuk mengakhiri langkah mematikan Windows Defender, Anda bisa reboot perangkat.

  1. Defender Control

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga defender control untuk menonaktifkan Windows Defender secara otomatis, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  • Unduh aplikasinya di Google.
  • Lanjutkan, klik Disable Windows Defender.mematikan Windows Defender Windows 10

Untuk memastikan Windows Defender mati maka warnanya akan berubah menjadi warna merah.

Itulah penjelasan mengenai cara mematikan Windows Defender secara sementara dan permanen dengan langkah-langkah mudah, pilihlah cara yang Anda efektif tanpa mengubah system laptop atau komputer. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *