Bantuan UMKM Segera Diluncurkan, Inilah Persyaratan untuk Mendaftar

Syarat bantuan UMKM yang dibuat oleh pemerintah bertujuan untuk menyeleksi setiap calon penerima bantuan tersebut. Bantuan UMKM memang dikhususkan untuk para pelaku usaha kecil, agar usahanya tetap bertahan di saat pandemi saat ini. Bantuan ini mendapat respon positif dari masyarakat, karena banyak masyarakat yang sudah terbantu dari tahun lalu.

Bantuan ini memang sudah dilaksanakan sejak tahun 2020 tepatnya di bulan Agustus saat pandemi mulai meningkat di Indonesia. Usaha kecil mereka terpaksa harus gulung tikar, karena minat pembeli menurun dan sepi akan pengunjung. Dampak covid 19 memang paling dirasakan oleh mereka, yang harus merasakan kesulitan saat ini.

Pemerintah melalui Kementrian Keuangan telah membuat anggaran untuk program ini sebesar 186 triliun rupiah, yang jumlahnya lebih besar daripada tahun lalu. Dengan besarnya antusiasme masyarakat menyambut program ini di tahun lalu, membuat pemerintah berinisiatif untuk memberikan kuota yang lebih banyak kepada masyarakat.

Penambahan kuota tersebut agar lebih banyak masyarakat yang bisa mendaftar untuk menjadi penerima bantuan UMKM ini. Syarat bantuan UMKM juga tidak sulit untuk dipenuhi, karena syarat tersebut akan menentukan apakah usaha Anda layak untuk menerima modal atau tidak.  

Persyaratan Penerima Bantuan UMKM 2021

Agar sesuai dengan yang diinginkan pemerintah, pemerintah memiliki kriteria yang harus diikuti oleh calon penerimanya. Syarat bantuan UMKM ini sudah dibuat oleh pemerintah, agar tidak sembarangan nanti untuk memberikan dana kepada penerima bantuan tersebut. 

Dana yang diberikan kepada pengusaha kecil sebesar Rp 1.200.000. penyaluran dana ini akan terbagi menjadi 2 tahap, jadi di tahap pertama Anda akan menerima uang sebesar Rp 600.000 begitupun ditahap kedua. Dana tersebut bisa Anda gunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan usaha atau mengembangkan usaha yang dimiliki.

Syarat yang pertama adalah harus masyarakat yang asli berasal dari Indonesia, memiliki NIK seperti yang tertera di KTP yang artinya Anda tercatat sebagai penduduk Indonesia, syarat yang ke-3 memiliki usaha kecil yang bisa dibuktikan dengan membawa surat usulan calon penerima dan pengusul BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro) beserta lampirannya. Syarat ke-4 adalah profesi Anda bukan aparat Negara dan tidak sedang menerima kredit dari Perbankan. 

Tahapan untuk Mendaftar di Banpres UMKM

Pada tahun sebelumnya, bantuan ini sudah diberikan kepada lebih dari 800 ribu pengusaha kecil. Di tahun ini, pemerintah menargetkan agar 14 juta UMKM yang mendapatkan BLT UMKM. Peningkatan itu juga diikuti dengan respon positif yang banyak diterima oleh pemerintah terhadap bantuan ini.

Dana ini bisa hilang, apabila Anda tidak mengambilnya. Hilangnya dana tersebut terjadi karena disaat penurunan uang dari pemerintah, ada batas waktu pengambilan selama 3 bulan. Penerima bantuan harus memverifikasi ulang datanya, setelah mendapat info untuk verifikasi ulang tersebut. 

Setelah itu, dana bisa ditarik oleh si penerima. Perlu diperhatikan juga, bahwa usaha yang Anda miliki jelas. Yang artinya memiliki surat dan berkas-berkas yang perlu disiapkan saat mendaftar. Apabila diragukan, tetapi Anda sudah mendapatkan dana. Maka, pemerintah tidak segan-segan untuk menarik kembali uang tersebut.

Setelah memenuhi syarat bantuan UMKM, Anda bisa mengikuti tahapan untuk mendaftar sebagai calon penerima banpres. Tahap pertama adalah usaha yang dimiliki harus diusulkan oleh pengusul BPUM, nantinya pengusul BPUM akan mengusulkan lagi ke Mentri cq. Deputi Penanggungjawab Program BPUM secara sekaligus atau bertahap, dengan memberikan data calon penerima. 

Perlu diingat, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah di kota atau kabupaten tempat Anda tinggal. Kemudian Anda akan menerima pesan di handphone mengenai informasi yang akan dikirim oleh bank yang bersangkutan. 

Apabila sudah menerima pesan tersebut, segera verifikasi ke bank penyalur dan nantinya pencairan dana bisa segera dilakukan. Pencairan dana bisa Anda lakukan, sesuai dengan rekening pada bank penyalur anda.

Agar penyaluran lebih efektif dan tepat sasaran terhadap penerima bantuan ini, syarat bantuan UMKM juga harus dipenuhi oleh si penerima. Syarat-syarat yang dibuat juga cukup mudah untuk dipenuhi, karena memang pemerintah hanya ingin memastikan apakah data diri serta usaha yang Anda miliki valid. 

Bila Anda membutuhkan bantuan dari presiden ini, pastikan bahwa usaha Anda jelas dan Anda memang membutuhkan dana untuk usaha bukan untuk hal yang lain. Segera penuhi syarat bantuan UMKM, dan mendaftar dengan tahapan yang sudah dibahasa sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *