Cara Mempercepat Booting Windows 10 yang Lama Dengan Mudah

Apakah Anda merupakan pengguna Windows 10? Meskipun termasuk versi Windows yang paling baru, namun Windows 10 tetap saja tidak bebas dari masalah. Nah, salah satu masalah yang kerap terjadi pada sistem Windows 10 adalah waktu booting yang lama. Booting merupakan waktu di mana device laptop atau PC dihidupkan pertama kali sebelum menu Windows 10 muncul.

Nah, seringkali, booting Windows 10 berlangsung cukup lama. Tentu saja hal tersebut akan menimbulkan kesan yang tidak nyaman. Lantas, apakah masalah ini bisa diatasi dengan mudah?

Untungnya, jawabannya adalah bisa. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang bagaimana cara mempercepat booting Windows 10 yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Simak ulasan selengkapnya!

Tips dan Cara Mempercepat Booting Windows 10 Paling Efektif

Berbincang tentang cara untuk mempercepat booting Windows 10, ada beberapa opsi yang bisa Anda coba. Tentu saja, dengan adanya beberapa pilihan cara atau tips tersebut nantinya Anda bisa menemukan mana cara yang paling efektif untuk mempercepat booting sehingga performa system Windows 10 yang Anda gunakan akan cenderung lebih optimal.

Adapun beberapa cara yang cukup efektif untuk mempercepat booting Windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi Program Startup

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mempercepat booting Windows 10 adalah dengan mengurangi program startup pada device yang Anda gunakan. Program startup ini sendiri adalah program yang akan langsung berjalan ketika Anda menghidupkan device. Nah, dalam hal ini, semakin banyak program startup yang berjalan, maka booting Windows 10 akan semakin lama.

Oleh karenanya, ketika Anda ingin mempercepat booting Windows 10, maka akan lebih baik jika program startup yang berjalan dikurangi. Cara untuk mengurangi program startup ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke menu task manager. Nah, di dalam menu tersebut nantinya akan tampak beragam program startup yang aktif. Matikan yang Anda rasa tidak perlu.

  • Mengurangi Boot Menu Time Out

Hal lain yang cukup efektif untuk mempercepat booting Windows 10 adalah dengan mengurangi boot menu time out. Ini juga termasuk salah satu cara yang bisa diandalkan agar booting time device Anda menjadi lebih cepat.

Secara umum, system akan memberikan boot menu time out sekitar 30 detik. Nah, untuk mempercepat booting time, Anda bisa memangkas boot menu time out ini menjadi sekitar 10 hingga 15 detik saja. Pengurangan waktu ini tentu saja akan berefek pada kecepatan booting Windows 10 pada perangkat Anda.

  • Menambah Memory Virtual

Menambah memory virtual juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk mempercepat booting Windows 10. Perlu diketahui bahwa memory virtual ini bisa menjadi perpanjangan dari RAM yang ada pada device Anda. Tambahan ini tentu saja akan membuat ruang yang tersedia di dalam RAM akan semakin lega.

Tidak hanya itu, penambahan memory virtual ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja, ketika Anda memiliki device dengan kapasitas RAM sebesar 2 atau 4 GB, maka Anda bisa menambah memory virtual separuh atau sama dengan kapasitas RAM yang Anda miliki tersebut.

  • Membersihkan File Sampah

File sampah sering menjadi masalah pada system yang berjalan. Salah satu efek yang seringkali ditimbulkan adalah booting time yang cenderung lebih lama daripada sebelumnya. Oleh karenanya, Anda tentu saja perlu memperhatikan file sampah yang terdapat pada device Anda.

Nah, untuk mempercepat booting Windows 10, hal yang cukup krusial untuk dilakukan adalah membersihkan file sampah tersebut. Beberapa jenis file sampah, seperti cache, temporary file, atau lainnya sebaiknya dihapus secara berkala.

Untuk memudahkan Anda menghapus aneka file sampah yang tersimpan dalam sistem, gunakan saja aplikasi cleaner. Ya, ada cukup banyak aplikasi cleaner di mana bisa diandalkan untuk menghapus aneka file sampah dengan lebih mudah dan efektif.

Beberapa langkah di atas bisa menjadi cara mempercepat booting Windows 10 yang paling efektif untuk dilakukan. Tentu saja, jika booting Windows 10 Anda lebih cepat, maka Anda juga akan semakin nyaman untuk menggunakan device tersebut untuk beragam keperluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *