Cara Supaya Laptop Awet Hingga Beberapa Tahun

Cara supaya laptop awet tidak banyak diketahui. Padahal, setiap orang pasti mengharapkannya. Ketika laptop awet, penggunaannya bisa dilakukan dalam waktu lama. Hal tersebut membuat pembelian untuk kedua kalinya tidak perlu lagi dilakukan. ini jelas menguntungkan dari segi finansial.

Harga laptop sendiri tidak murah. Sekali membeli, diperlukan uang lebih dari 5 juta rupiah untuk mendapatkannya. Memang ada banyak perangkat dengan harga 4 juta rupiah ke bawah. Namun perangkat tersebut biasanya second atau berspesifikasi rendah. Hal ini membuat penggunaan berbagai hal tidak bisa dilakukan secara bebas.

Di masyarakat sendiri, terdapat stigma yang mengatakan bahwa alat elektronik memang sulit dirawat. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya tepat. itu karena, perawatan laptop sendiri bisa dilakukan oleh setiap orang. Apabila Anda tidak mengetahui tata cara perawatan tersebut, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan.

Jangan Pakai di Atas Kasur atau Benda Tidak Rata

Cara supaya laptop awet pertama perlu dilihat dari tempat penggunaan. Saat memakai laptop, seseorang cenderung menggunakannya dimana saja. Salah satu tempat paling sering seseorang membuka laptop adalah kasur. Ini dilakukan karena ada banyak pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan. Perlu diketahui bahwa menggunakan di atas kasur memiliki efek buruk.

Kasur memiliki banyak debu dan aktivitas laptop di atasnya membuat banyak debu akan tersedot kipas. Hal tersebut jelas membuat kipas itu tidak lagi efektif. Ini akan membuat fungsinya sebagai alat pendingin tidak bekerja dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada part lain. Selalu perhatikan juga agar menggunakannya di atas bidang rata.

Hal ini perlu diperhatikan ketika laptop sering digunakan di luar rumah. Perlu diketahui bahwa perangkat dibuat secara teliti dengan menjadi beban ke bawah sebagai tumpuan. Apabila bidang tidak rata, tumpuannya akan bergeser ke salah satu sisi. Hal tersebut membuat lokasi bebannya beralih dan kestabilan part di dalamnya terganggu.

Lihat Sirkulasi Udara dan Hindari Menyimpan Beban di Atasnya

Jangan lupa juga untuk terus memerhatikan sirkulasi udara. Ini sangat penting dalam cara supaya laptop awet. Jika sirkulasi udara berjalan normal, kemungkinan terjadinya peningkatan suhu menjadi lebih kecil. Ini akan membuat masalah seperti suhu laptop yang terlalu tinggi akan bisa terselesaikan.

Sirkulasi baik juga memiliki jumlah debu lebih sedikit. Ini membuat permasalahan kotor di bagian dalam menjadi lebih kecil. Hindari juga untuk menyimpan beban di atasnya. Saat dalam kondisi mati, beberapa orang sering menempatkan buku atau keyboard eksternal di atasnya. Ini merupakan kesalahan besar.

Jika hal tersebut dilakukan, CD-ROM di dalam perangkat akan tertekan. Penekanan tersebut jelas mengakibatkan terjadinya kerusakan. Perhatikan juga saat menyimpan perangkat di dalam tas. Pastikan untuk mengatur posisi agar perangkat berada di posisi paling atas. Ini membuat beban tidak akan mengarah pada laptop.

Bersihkan Area Sekitar Kipas dan Gunakan Tas Laptop

Jangan lupa juga untuk membersihkan area sekitar kipas. Ini juga vital dalam cara supaya laptop awet. Ketika kipas tersumbat, suhu perangkat akan meningkat. Hal ini membuat kerusakan atau overheat bisa saja terjadi. Akibatnya, perangkat bisa mati secara tiba-tiba. Itu adalah salah satu penyebab kerusakan harddisk.

Apabila sudah terdengar kipas yang bergemuruh, itu membuktikan jika bagian dalamnya kotor. Segera bersihkan dengan membuka bagian tersebut. motherboard juga bisa mengalami kerusakan apabila hal ini dibiarkan. Pastikan juga untuk terus menggunakan tas laptop kemana saja. tas laptop memiliki banyak manfaat.

Salah satunya adalah mencegah perangkat dari benturan dan goresan. Ini perlu diperhatikan dalam cara supaya laptop awet. Goresan memang hanya terjadi ke bagian luar. Namun, goresan yang semakin banyak akan membuat perawatan semakin malas dilakukan. Kondisi tersebut membuat kemungkinan terjadinya kerusakan menjadi lebih besar.

Jauhkan Makanan dan Minuman dari Perangkat

Poin terakhir adalah makanan dan minuman yang sering berada di dekat perangkat. Setiap alat elektronik memang akan bermasalah ketika berhadapan dengan benda basah. Itu akan menyebabkan komponen di bagian dalam mengalami kerusakan. Untuk pencegahan, ada baiknya perangkat di simpan di tempat lebih tinggi.

Pastikan untuk selalu memerhatikan setiap aspek dengan baik. Jika ada yang terlewat, kemungkinan terjadinya kerusakan menjadi lebih besar. Proses perawatan sendiri perlu dilakukan secara konsisten. Konsistensi itulah alasan utama mengapa cara supaya laptop awet di atas bisa menjadi sangat efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *