Ini Syarat Daftar BLT UMKM yang Harus Anda Ketahui

Syarat daftar BLT UMKM harus dipenuhi jika Anda ingin memperoleh bantuan satu ini. Umumnya syarat yang diberikan cukup mudah. Dengan pemberian bantuan ini diharapkan para pengusaha dapat lebih produktif. Pemberian modal usaha ini sudah disalurkan sejak terjadinya pandemic yang berdampak pada perekonomian masyarakat.

Keberadaan dana tersebut dapat menjadi bukti upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian akibat dampak dari pandemic. Penyalurannya juga menjadi komitmen pemerintah dalam hal membantu pemilik UMKM bertahan di tengah pandemic. Jika Anda merupakan pemilik UMKM, bisa mencoba memperoleh BLT dari Kementerian Koperasi dan UKM ini.

Sebelum mulai proses pendaftaran, ada baiknya Anda mengetahui syarat yang diajukan agar bisa memenuhi kriteria. Ketentuan tersebut cukup beragam dari mulai paling umum hingga khusus. Selain itu, metode pendaftarannya juga perlu diketahui secara mudah. Sebab dengan begitu, peluang memperoleh bantuan bisa sangat besar.

Syarat Daftar BLT UMKM Secara Umum

Terdapat berbagai syarat pendaftaran agar bisa memperoleh BLT dari Kementerian Koperasi dan UKM ini. Beberapa syarat tersebut diantaranya yaitu pemilik usaha adalah WNI dengan bukti kepemilikan KTP. Kartu identitas ini juga berfungsi saat proses pendaftaran karena nomor induk nantinya digunakan untuk mendaftar.

Untuk bisa mendaftar Anda harus memenuhi persyaratan lain yaitu bukan bagian dari pegawai pemerintah baik itu BUMN, BUMD maupun ASN. Selain itu dibutuhkan juga lampiran berupa surat usulan baik dari pengusul BPUM yang telah ditunjuk maupun calon penerima. Pada mekanisme pendaftaran dibutuhkan pengusul BPUM dari lembaga terkait.

Lembaga tersebut memiliki jenis cukup beragam dari dinas koperasi hingga instansi keuangan yang telah terdaftar di OJK seperti bank. Untuk memperoleh BLT UMKM, Anda harus memilih salah satu lembaga sebagai pengusul. Anda dapat mendatangi koperasi setempat dengan kekuatan hukum sah sebagai syarat daftar BLT UMKM.

Selain informasi pribadi pemilik UMKM, jenis usaha yang dilakukan juga perlu memiliki surat keterangan. Surat tersebut dapat dilampirkan sebagai bukti perbedaan antara alamat pemilik usaha sesuai di KTP dan tempat bisnis berada. Jika terjadi ketidaksesuaian, maka lampiran surat tersebut dibutuhkan sebagai syarat utama mendaftar BLT.

Syarat Daftar BLT UMKM di Lembaga Pengusul

Berbagai persyaratan yang sudah dipenuhi selanjutnya dapat digunakan untuk mendaftar baik secara online maupun datang langsung ke lembaga pengusul. Baik secara online maupun pada lembaga pengusul, persyaratan yang diajukan hampir sama. Nomor induk kependudukan menjadi salah satu jenis dokumen penting yang digunakan untuk mendaftar.

Selain itu, keterangan seperti alamat tempat tinggal serta usaha harus dituliskan secara jelas. Jenis bisnis yang dijalankan juga harus ditulis secara jelas untuk mempermudah proses pendaftaran. Seperti jenis formulir pendaftaran lainnya, pihak lembaga pengusul BPUM juga membutuhkan informasi penting seperti nama lengkap beserta nomor telepon.

Jika seluruh persyaratan terpenuhi maka proses daftar BLT menjadi lebih mudah. Selain mengetahui syarat yang dibutuhkan, Anda juga perlu tahu lembaga pengusul BPUM. Diantaranya yaitu dinas UKM, koperasi dengan hukum yang sah, berbagai lembaga keuangan baik bank maupun perusahaan pembiayaan terdaftar di OJK sebagai syarat daftar BLT UMKM.

Besarnya Dana BLT UMKM 2021

Dana yang diperoleh dari BLT UMKM lebih sedikit dari tahun sebelumnya yaitu sekitar Rp 1.2 juta. Meski dari segi dana memiliki jumlah cukup sedikit namun untuk penyalurannya sendiri ditujukan bagi banyak pengusaha UMKM. Bantuan yang diberikan dalam bentuk uang tunai tersebut bertujuan untuk membantu pengusaha meningkatkan usahanya.

Selain itu, berbagai permasalahan ekonomi, akibat dari pandemic bisa teratasi terutama dalam hal daya beli masyarakat. Keberadaan usaha skala kecil maupun mikro tersebut memiliki fungsi dalam meningkatkan perekonomian. Bagi pelaku UMKM pemberian dana ini dapat digunakan sebagai modal agar bisnis menjadi semakin berkembang.

Selain mendaftar secara langsung ke lembaga pengusul, proses daftar lain juga bisa dilakukan dengan mengunjungi alamat situs oss.go.id. Berbagai pilihan metode pendaftaran yang tersedia tersebut dapat Anda pilih paling tepat, baik secara online maupun datang langsung ke lembaga pengusul. Syarat yang dibutuhkan keduanya juga tidak berbeda jauh.

Menerima bantuan berupa uang tunai yang bisa dijadikan sebagai modal menjadi kesempatan baik bagi Anda terutama pengusaha mikro dalam mengembangkan bisnis. Terlebih syarat daftar yang diberikan tidak terlalu sulit dan dapat dijangkau oleh siapapun. Dengan syarat daftar BLT UMKM membantu Anda memperoleh modal untuk bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *