Intip Potensi Kenyamanan Jaringan 5G Melalui Samsung Galaxy S21

Kenyamanan jaringan 5G tidak hanya terbatas pada kecepatan download, tetapi juga termasuk dalam kelancaran video telekonferensi dan lainnya. Walaupun jaringan generasi kelima (5G) ini belum disahkan kehadirannya di tanah air, Samsung telah membawa smartphone yang mampu mendukungnya.

Galaxy S21 series menjadi ponsel pintar yang akan menyajikan 5G apabila teknologi tersebut nantinya diizinkan di Indonesia. Untuk sekarang ini, kemampuan tersebut masih belum bisa digunakan. Apabila izin telah keluar, fasilitas 5G di ponsel pintar ini bisa didapatkan dengan cara pembaruan software.

Teknologi 5G akan memberikan berbagai kemudahan yang tidak bisa didapatkan dalam jaringan 4G. Kenyamanan jaringan 5G tidak hanya untuk kepentingan pribadi tetapi juga mampu menjangkau kepentingan industri. Tidak hanya terbatas pada kecepatan download. Namun juga mampu menghadirkan layanan kesehatan jarak jauh dan lain sebagainya.

Kenyamanan Jaringan 5G dalam Kecepatan Download

Teknologi 5G diklaim mempunyai kecepatan unduh hingga 20Gbps. Kemampuan ini lebih unggul daripada 4G. Dalam kapasitas ini, file dengan ukuran 10 GB akan bisa didownload hanya membutuhkan 4 detik. Aplikasi, game atau lagu bisa didapatkan dengan lebih cepat daripada 4G.

Selain bisa mengunduh file dalam kecepatan tinggi, jaringan 5G juga bisa melakukan pemutaran video dengan lancar. Tampilan video mampu hadir dalam kualitas tinggi. Melalui teknologi tersebut, pengguna dapat menonton video 4K sampai 8K dengan lancar dalam Samsung Galaxy S21 Series.

Namun, hal itu juga menyesuaikan aplikasi penyedia konten video. Umumnya, platform streaming menyesuaikan konten video dengan layar perangkat yang dipakai. Oleh sebab itu, pengguna tidak bisa menyaksikan video dengan resolusi 8K dalam perangkat beresolusi 2K. Kenyamanan jaringan 5G dalam tingkat ini adalah menghadirkan video lebih tajam dan jernih.

Jaringan 5G juga memberikan fasilitas cloud gaming bagi pengguna. Tidak perlu menggunakan konsol/PC dalam spesifikasi tinggi. Pengguna bisa memainkan game-game hanya melalui smartphone mereka. Kemampuan teknologi ini tentu akan membuat pengguna semakin mudah dalam bermain game. Berbeda ketika masih memakai 4G.

Selain untuk kepentingan pribadi, jaringan 5G juga dapat digunakan dalam kepentingan industri, seperti layanan kesehatan jarak jauh (telehealth), pembelajaran menggunakan modul VR, dan pemanfaatan Fixed Wireless Access (jaringan internet rumahan tanpa kabel). Hampir semua bidang dapat dijangkau oleh teknologi ini.

Dalam praktiknya di industri, kenyamanan jaringan 5G meliputi pengawasan realtime memakai drone, tindakan operasi medis jarak jauh, perbaikan mesin yang dibantu AR, pengendalian kendaraan berat secara online, sampai pemosisian dan pelacakan mobil. Semua kerja tersebut bisa dilakukan dalam jaringan 5G.

Bahkan, teknologi tersebut juga dapat digunakan dalam produk smart metering untuk distribusi listrik, smart factory untuk otomatisasi pabrik, dan smart seaport untuk melaksanakan prosedur pemindahan barang di pelabuhan dari jarak jauh. Teknologi ini membuat industri dapat dijalankan dengan lebih mudah dan terpadu.

Review Samsung Galaxy S21 Series Pendukung Layanan 5G

Samsung telah menghadirkan Galaxy S21 yang mendukung layanan 5G di tanah air. Smartphone ini adalah debut Samsung yang menyediakan fasilitas jaringan tersebut. Galaxy S21 dan S21+ menawarkan Triple Camera Ultra-Wide 12 MP, Wide Angle 12 MP dan Telephoto 64 MP dengan 30 kali Space Zoom.

Kedua tipe smartphone tersebut dapat membuat video dalam kualitas tinggi mencapai 8K dengan tambahan fitur Super Steady. Sedangkan Galaxy S21 Ultra mempunyai Quad Camera, yakni Ultra-Wide 12 MP, Wide-Angle 108MP dan Dual Tele-lens 10MP dengan 3X dan 10X Optical Zoom. Dilengkapi juga dengan fitur Laser Auto Focus.

Galaxy S21 mengusung 6,2 inch flat HD Dynamic AMOLED 2x. Sedangkan S21+ menghadirkan layar 6,7 inch. Yang paling besar adalah S21 Ultra dengan layar AMOLED 2X 6,8 inch. Melalui jaringan 5G, smartphone tersebut akan memuaskan pelanggan dengan berbagai fitur yang diusung.

Smartphone flagship ini dipersenjatai dengan Exynos 2001. Chipset tersebut mempunyai peningkatan CP sampai 20% dan pengolahan gratis sampai 25%. Sedangkan pada bagian RAM disajikan sebesar 8GB. Untuk memori internal mempunyai opsi kapasitas 128GB dan 256GB. Di sektor baterai, Galaxy S21 menyajikan kapasitas 4000 mAh sedangkan S21+ 4800 mAh.

Samsung Galaxy S21 Series merupakan smartphone flagship dengan beragam fitur mumpuni. Smartphone tersebut mengusung layanan 5G, jaringan penerus 4G. Apabila teknologi tersebut telah disahkan di tanah air, pengguna Samsung Galaxy S21 Series dapat menikmati berbagai kenyamanan jaringan 5G yang tidak bisa didapatkan dalam jaringan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *