Laptop Kena Air? Mengatasinya Tidak Terlalu Sulit

Laptop kena air menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Cairan memang musuh utama setiap alat elektronik. Ketika mengenai perangkat internal, kemungkinan terjadinya kerusakan menjadi lebih besar. Terlebih lagi laptop merupakan alat dengan jumlah arus listrik sangat banyak. Air merupakan salah satu penyebab korsleting.

Dengan itu, keduanya memang tidak bisa disatukan. Namun, permasalahan laptop terkena air tidak bisa dihindari. Biasanya, hal ini terjadi dengan tidak sengaja. Itu karena beberapa orang memang nyaman ketika menggunakan laptop sambil meminum minuman segar. Ini juga bisa terjadi ketika pemilik mengalami kehujanan.

Dengan kondisi kehujanan, kemungkinan kebocoran ke bagian dalam tas memang sangat besar. Apabila sudah terkena air, diperlukan respons secara cepat oleh pemilik. Sebenarnya, respons secara cepat ini tidak terlalu sulit. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan ketika laptop terkena air secara mendadak.

Cabut Semua Sambungan dan Buka Laptop Selebar Mungkin

Hal pertama ketika laptop kena air adalah cabut semua sambungan. Mencabutnya semua sambungan ini perlu dilakukan pada setiap bagian tanpa terkecuali. Bagian pertama yang perlu dicabut adalah charger. Apabila perangkat sedang dicharger, hal tersebut membuktikan jika aliran listrik sedang masuk.

Apabila air sampai mengganggu sambungan tersebut, korsleting akan langsung terjadi. Jangan lupa juga untuk mencabut baterai. Setiap orang pasti bisa melakukannya dengan mudah. Jika sedang mengerjakan sesuatu, segera simpan file lalu matikan perangkat secepatnya. Jika sudah, bukalah laptop selebar mungkin.

Setelah itu tempatkan laptop secara terbalik. Dalam menyimpan perangkat secara terbalik, simpan handuk atau kain sejenis sebagai alas dengan cara itu, air akan keluar dan terserap oleh handuk. Selalu ingat bahwa terdapat hukum kapilaritas yang membantu proses ini. Namun pastikan menggunakan kain dengan kemampuan menyerap air tinggi.

Bersihkan Semua Cairan dan Lepas Keyboard

Jangan lupa juga untuk bersihkan semua cairan. Setelah laptop kena air, pasti ada banyak cairan yang terlihat di bagian luar. Walaupun sulit untuk membersihkan cairan yang sudah masuk, membersihkan cairan di luar bisa dijadikan pencegahan. Itu karena, cairan yang dibiarkan nantinya bisa masuk ke dalam.

Biasanya, cairan tersebut sering tersembunyi di bagian sela-sela. Untuk membersihkannya, gunakanlah pembersih telinga. Selain pembersih telinga, tisu juga sangat efektif dalam membantu menyelesaikan prosesnya. Jangan lupa juga untuk melepaskan keyboard. Ini perlu dilakukan jika airnya banyak.

Setelah dilepaskan, jemur keyboard tersebut hingga kering seluruhnya. Pastikan untuk tidak menjemurnya di bawah sinar matahari langsung. Pastikan saja cairannya kering secara menyeluruh. Membuka keyboard sendiri berbeda-beda. Ini tergantung jenis perangkat yang digunakan.

Lepas Semua Bagian Lalu Simpan ke Dalam Beras

Sebenarnya ketika laptop kena air, segera lepas semua bagian yang dipahami. Bagian yang dimaksud tentu bukan hanya keyboard dan baterai. Jika paham, lepaskan juga RAM, motherboard, dan semua perangkat lain di bagian dalam. Pastikan hanya memasang kembali apabila cairannya sudah hilang.

Untuk membukanya sendiri, terdapat banyak tutorial di internet yang bisa dilihat. Pastikan untuk segera membuka sebelum hardware tersebut rusak oleh air. Jika semua perangkat dilepas, masukkan laptop ke dalam beras. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan kandungan air yang terlihat.

Itu karena, beras memiliki kemampuan untuk menyerap air di sekitarnya. Walaupun akan meninggalkan bekas berwarna putih, hal tersebut tidak menjadi masalah. Itu karena, bekas berwarna putih bisa dihilangkan dengan menggunakan tisu atau lap. Namun yang paling penting, cairan sudah bisa hilang sepenuhnya.

Pergi ke Reparasi Jika Kondisinya Tidak Membaik

Jika semua cara di atas sudah diikuti namun kondisi perangkat tetap rusak, segeralah pergi ke reparasi. Ini adalah cara terakhir jika laptop kena air. Kerusakan tersebut membuktikan jika terdapat satu bagian di dalamnya yang mengalami. Jika hal ini terjadi, sulit untuk menyelesaikannya sendiri.

Biasanya, kerusakan yang diakibatkan oleh air sangat sulit diperbaiki. Tempat reparasi akan menyarankan Anda untuk mengganti sebuah part tertentu. Ikuti saja saran tersebut agar kondisi perangkat bisa kembali seperti semula. Hanya saja, pastikan Anda tidak tertipu dari segi harga.

Ketika perangkat terkena air, kemungkinan kembali normal memang 50:50. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu. Lagi pula, ada banyak orang berhasil mengatasi masalah ini ketika mencobanya sendiri. hal tersebut membuktikan jika cara di atas bisa saja efektif ketika laptop kena air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *