Ragam Cara Mempercepat Kinerja Windows 10 Paling Efektif

Apakah Anda sering merasa bahwa kinerja Windows 10 yang Anda gunakan cenderung lambat dan kurang optimal? Tentu, ketika hal tersebut terjadi, pasti Anda akan merasa kurang nyaman untuk mengoperasikan device dengan sistem Windows 10 yang Anda miliki. Memang, sebagaimana diketahui, Windows 10 adalah OS paling wahid yang disediakan oleh Microsoft.

Hanya saja, ada beberapa masalah yang terkadang membuat kinerja Windows 10 menurun dan bahkan semakin lambat. Padahal, bisa saja Anda memerlukan kinerja yang optimal dan cepat untuk meningkatkan produktivitas.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa cara mempercepat kinerja Windows 10 yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Tentu saja, dengan beberapa cara ini nantinya Anda akan bisa meningkatkan kinerja Windows 10 Anda hingga Anda merasa nyaman untuk mengoperasikannya.

Lantas, bagaimana sajakah cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja Windows 10 tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Beragam Cara Paling Efektif Untuk Mempercepat Kinerja Windows 10

Berbincang tentang cara untuk mempercepat kinerja Windows 10, ada beberapa cara berbeda yang bisa Anda lakukan. Tentu saja, nantinya Anda bisa memilih mana dari beberapa cara yang berbeda tersebut yang paling efektif untuk mempercepat kinerja Windows 10 yang Anda gunakan.

Nah, beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi Durasi Boot Menu Timeout

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mempercepat kinerja Windows 10 adalah dengan mengurangi durasi boot menu timeout. Langkah ini nantinya akan mempercepat proses booting saat device Anda menyala untuk pertama kali.

Nah, pada saat laptop atau PC dinyalakan, maka boot menu akan ditampilkan beberapa saat sebelum menu Windows tersedia. Hal ini dikarenakan agar pengguna cenderung lebih mudah untuk melakukan konfigurasi, termasuk masuk ke safe mode.

Dalam pengaturan default, boot menu akan ditampilkan dalam waktu sekitar 30 detik. Jika Anda merasa waktu ini terlalu lama, maka Anda bisa mempercepatnya menjadi 10 detik saja.

Untuk mengubahnya, ikuti cara di bawah ini:

  • Masuk ke control panel
  • Klik opsi system
  • Klik advanced system setting
  • Masuk ke menu advanced
  • Klik setting yang tersedia pada menu startup and recovery
  • Pada pilihan time to display list of operating system, ganti waktu menjadi 10 detik
  • Klik OK.

Dengan cara di atas, boot time akan menjadi lebih cepat. Tentu, kinerja Windows 10 Anda juga akan meningkat.

  • Mematikan Efek Transparan

Untuk mempercepat kinerja Windows 10, Anda juga bisa mematikan efek transparan yang terdapat pada start menu dan taskbar. Memang, efek transparan akan membuat tampilan menjadi lebih menarik. Hanya saja, ada beberapa resource yang digunakan untuk menjalankannya.

Nah, jika Anda ingin mempercepat kinerja Windows 10, maka akan lebih baik jika Anda mematikan efek tersebut. Nantinya, setelah Anda mematikan efek transparan, maka akan ada ruang yang lebih luas tersedia di RAM sehingga kinerja Windows 10 akan cenderung meningkat.

  • Mematikan Efek Animasi

Salah satu hal yang cukup menarik dari Windows 10 –yang tentu tidak dimiliki oleh versi Windows sebelumnya adalah adanya efek animasi. Secara umum, efek animasi ini memang akan membuat tampilan menjadi lebih bagus dan menarik. Hanya saja, saat Anda mengaktifkan efek ini nantinya akan ada resource yang cukup besar yang akan digunakan.

Sebagaimana poin sebelumnya, ada baiknya jika Anda mematikan saja efek animasi ini. Terlebih, sebenarnya efek ini tidak terlalu fungsional. Dengan mematikan efek ini, akan tersedia ruang lebih lega di dalam RAM sehingga sistem Windows 10 bisa bekerja dengan lebih optimal.

  • Membersihkan Device Dengan Aplikasi Cleaner

Membersihkan sistem Windows 10 dengan aplikasi cleaner juga bisa diandalkan untuk meningkatkan kinerja sistem. Dalam hal ini, perlu diketahui bahwa ada beberapa file sampah pada sistem Windows 10 yang bisa memperlambat kinerja. Nah, Anda bisa menginstal aplikasi cleaner dan memanfaatkannya untuk mengembalikan space yang diisi oleh file sampah tersebut.

Beberapa poin di atas bisa menjadi opsi cara mempercepat kinerja Windows 10 yang cukup optimal. Tentu saja, Anda harus senantiasa mengecek kinerja Windows 10 agar tidak ada permasalahan yang mengganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *