Tutorial Melapor Pajak E-Filing atau SPT Pajak Online

Mungkin sebagian besar dari Anda merasa malas jika harus melapor pajak, namun apa jadinya jika melapor pajak E-filing? E-filing atau melapor pajak SPT yang bisa dilakukan secara online akan memberikan kemudahan bagi Anda yang sering merasa malas jika harus ke kantor pelayanan pajak.

Di situasi seperti sekarang, banyak kegiatan yang dijalankan dari rumah. Hal ini guna menghindari keramaian publik di tempat umum. Kantor pajak yang mana merupakan tempat umum, juga harus menyesuaikan diri dengan situasi saat seperti ini guna mencegah penyebaran virus Corona dan keramaian dari orang-orang yang ingin melapor.

Oleh karena itu, pihak perpajakan membuat solusi dengan menghadirkan sarana untuk melapor pajak yang dapat dilakukan tanpa menimbulkan perkumpulan orang banyak. E-filing ditujukan juga sebagai aplikasi yang memudahkan karena tidak perlu keluar rumah dan dapat dilakukan kapan pun tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Keuntungan yang akan Didapatkan dengan Melapor Pajak E-filing

Dengan melapor pajak secara online, terdapat banyak keuntungan yang akan diperoleh. Praktis, ini menjadi suatu solusi dan alternatif untuk Anda yang sering merasa malas keluar rumah, apalagi harus berkumpul bersama di kantor instansi pemerintahan. Adapun keuntungan-keuntungan yang akan didapat antara lain:

  1. Legal

E-filling merupakan layanan yang resmi diluncurkan oleh direktorat jendral pajak (DJP). Oleh karena itu, segala bentuk pengisian data akan langsung dikumpulkan dan terhubung dengan kantor pusat.

  1. Gratis

Dalam menyediakan pelayanan pelaporan pajak, didalam E-filling ini dijamin tidak perlu mengeluarkan biaya apa-apa. Anda cukup mendaftar dan bisa menikmati fitur-fitur yang tersedia secara full gratis.

  1. Mudah dipakai

Benar, E-filling sangat mudah dipakai. Untuk keperluan men-upload dokumen, dalam aplikasi ini akan mengunduh dokumen yang Anda ingin upload agar nantinya lebih jelas.

  1. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja

Dengan melapor pajak e-filing, berarti tidak ada batas waktu pengisian karena aplikasinya dibuka selama 24 jam. Tidak seperti kantoran yang dibatasi pada jam-jam tertentu. Dengan demikian, Anda hanya perlu melapor pajak dari HP Anda dan tanpa waktu yang terikat.

  1. Aman dan Terstruktur

Seluruh data yang dikirimkan dijamin aman. Oleh karena telah berlisensi ISO/IEC 27001 yang mana berarti mempunyai sertifikasi sistem manajemen keamanan informasi. Selain itu, data-data akan tersimpan secara rapi. Seluruh dokumen dan bukti lapor pajak (Bukti Penerimaan Elektronik) akan tersimpan di cloud atau server OnlinePajak sehingga tidak akan hilang

  1. Mencegah Human Error

Pastinya Anda tidak ingin data yang di input salah bukan? Dengan melakukannya dari E-filling, data yang Anda upload dan Anda isi akan diperiksa lagi sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan. Lain halnya jika melapor di kantor yang sering kali terdapat salah penulisan, dan lain sebagainya.

Cara untuk Melapor Pajak E-filing

Dengan keuntungan yang akan didapatkan, pastinya banyak yang berminat untuk melapor pajak lewat media E-filling. Namun, sedikitnya informasi tentang cara pengisian yang tepat membuat keraguan kembali muncul. Namun, Anda tidak perlu khawatir, kami akan memberikan informasi tentang cara mengisinya.

  1. Download aplikasi E-filling
  2. Lakukan pendaftaran dan aktivasi akun
  3. Setelah itu, untuk pemakaian pribadi, pilih “e-filling SPT pribadi”
  4. Isi data-data yang dibutuhkan (NPWP) untuk membuat laporan
  5. Jawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan (harus jujur)
  6. Lengkapi identitas dan detail pribadi anda
  7. Lengkapi identitas keluarga
  8. Isi formulir pajak anda
  9. Jawab “Informasi Lainnya” (Penghasilan tambahan, Utang, dan lain-lain)
  10. Setelah itu, status SPT Anda akan muncul
  11. Klik OK dan lanjutkan ke pengiriman kode verifikasi
  12. Pilih Kirim SPT
  13. Selesai

Itulah langkah-langkah yang harus dilewati dalam melapor pajak e-filing. Jika dibandingkan dengan ke kantor perpajakkan, mengisi dari e-filling sesungguhnya jauh lebih mudah dan praktis. Ditambah lagi dapat dilakukan kapanpun yang Anda mau karena hanya dilakukan dari rumah.

 

Melapor pajak merupakan kewajiban bagi kita warga negara Republik Indonesia. Pajak dari kita merupakan salah satu pendapatan negara agar dapat membangun infrastruktur demi kemajuan negara. Dikala pandemi ini pun Anda tidak boleh tidak melapor pajak dengan alasan tidak bisa keluar rumah. Cukup dilakukan dengan melapor pajak E-filing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *